Senin, 05 November 2012

Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi Ke Masyarakat


Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi Ke Masyarakat
Agar Masyarakat Tertarik Pada Koperasi

            Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan menurut pendapat saya sendiri mengenai cara bagaimana mensosialisasikan koperasi ke masyarakat agar masyarakat tertarik pada koperasi, mengingat pembahasan yang telah saya jabarkan sebelumnya, sosialisasi koperasi kepada masyarakat merupakan salah satu jalan besar yang dapat dilakukan untuk membuat koperasi semakin maju lewat terkenalnya koperasi di masyarakat, terkenal di sini dalam artian koperasi telah dikenal oleh masyarakat itu sendiri sehingga masyarakat mengerti apa itu koperasi, bagaimana kegiatannya dan sebagainya.

            Saya sendiri pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa ada beberapa koperasi yang berlokasi di pedalaman desa, yang keadaannya saat ini bisa dibilang sudah tidak aktif lagi karena terdapat beberapa masalah yang terjadi di sana, diantaranya adalah masalah yang berkaitan dengan masyarakatnya sendiri, yaitu masalah seperti sulitnya masyarakat untuk memenuhi kewajiban dalam anggaran modal serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi. Lewat masalah tersebut pastinya kita harus memikirkan bagaimana jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan cara mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat, lalu bagaimana caranya?

            Menurut pendapat saya koperasi harus mengadakan penelitian terlebih dahulu tentang penyebab yang menimbulkan hal ini, yaitu masyarakat yang kurang bersahabat dalam kegiatan koperasi, setelah penyebab tersebut diketahui barulah memikirkan bagaimana upaya mensosialisasikan kepada masyarakat.

            Pertama cara yang dapat ditempuh yaitu dengan menjelaskan kepada masyarakat bahwasannya koperasi itu mempunyai berbagai hal yang penting, seperti simpanan pokok dan simpanan wajib, pentingnya di sini dengan maksud bahwasannya simpanan pokok serta simpanan wajib tersebut merupakan sumber ataupun modal utama bagi sebuah koperasi, penjelasan ini dimaksudkan agar masyarakat yang nantinya menjadi anggota koperasi telah memahami betul dasar dari kewajibannya untuk mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berasal dari simpanan pokok tersebut yang sudah dilakukan oleh diri mereka sendiri, yang nantinya akan berguna untuk kepentingan bersama bagi setiap anggotanya.

            Selanjutnya yang perlu dilakukan dalam rangka pensosialisasian adalah memberikan penjelasan mengenai prinsip dari koperasi itu sendiri, dengan tujuan agar sosialisasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi. Penjelasan ini dilakukan dengan maksud untuk mempertinggi kualitas dan kehidupan masyarakat melalui koperasi.

            Langkah selanjutnya yaitu dengan menjelaskan mengenai fungsi dan peranan koperasi kepada masyarakat tersebut. Di sini yang dapat dipaparkan kepada mereka adalah fungsi dan peranan koperasi seperti, koperasi itu mempunyai fungsi dan peranan untuk membangun serta mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggotanya, yang khususnya masyarakat sekitar. Maksud dari fungsi dan peranan yang satu ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosiologi masyarakat maupun anggota dari koperasi itu sendiri. Kemudian fungsi dan peranan selanjutnya yaitu untuk berperan aktif dalam upaya mempertinggi kualitas dan kehidupan manusia serta masyarakat, maksud yang dicerminkan dari fungsi dan peranan ini adalah bahwasannya koperasi akan membuat anggotanya dapat hidup berkualitas dari kehidupan sebelumnya, karena lewat koperasi masyarakat dapat menambah kualitas hidupnya. Selanjutnya yaitu untuk berperan dalam memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian serta sosial dengan koperasi sebagai sosok guru, yang di maksudkan di sini adalah lewat berkoperasi masyarakat akan dapat memperkuat kehidupan perekonomiannya, dengan artian masyarakat mempunyai kekuatan dan ketahanan terhadap perekonomian berkat koperasi itu sendiri. Selanjutnya yang dijelaskan dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat, dalam memberikan pemahaman dari fungsi dan peranan koperasi itu sendiri adalah berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, dengan maksud di sini masyarakat diminta untuk berkoperasi dengan tujuan untuk berperan aktif dalam mengembangkan perekonomian nasional, dimana hal ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan bersama-sama sesuai dengan asas kekeluargaan sebagaimana yang tercermin dalam melakukan kegiatan koperasi.

            Dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat kita harus yakin bahwa masyarakat setelah menerima beberapa penjelesan dari kita, mereka akan termotivasi untuk ikut berpartisipasi dalam bergabung kepada koperasi. Dalam penyampaiannya pun kita harus terlihat santai dan tidak tergesa-gesa dalam berkata, supaya masyarakat merasakan ketenangan dalam dirinya untuk berkoperasi, hal sederhana tersebutlah yang sebenarnya sangan berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya kita dalam melakukan sosialisasi tersebut.

            Selain itu juga dalam mensosialisasikannya kita dapat mengemukakan beberapa pendapat tentang keuntungannya dalam berkoperasi, serta kita dapat sharing kepada masyarakat, tujuan utama dari kegiatan sosialisasi ini yakni adalah untuk mengajak masyarakat untuk turut bepartisipasi dalam melakukan kegiatan koperasi, oleh karena itu ada baiknya bila kita mendengarkan tanggapan yang ingin disampaikan oleh masyarakat, kebanyakan masyarakat tersebut berfikir tidak ingin masuk ke dalam koperasi karena mereka telah medapatkan berbagai informasi tentang koperasi sebelumnya, dimana informasi yang diperoleh tersebut adalah informasi yang tidak benar, meskipun hal ini tidak selalu terjadi tetapi ada kalanya yang terjadi dalam kehidupan sebenarnya ya yang seperti ini. Maka yang dapat kita lakukan adalah memberikan penjelasan sejelas-jelasnya mengenai koperasi yang sebenarnya, tentunya tidak seperti yang sebelumnya mereka fikirkan kita mengadakan sosialisasi ini adalah untuk meluruskan pemahaman masyarakat mengenai apa itu koperasi.
            Dalam melakukan kegiatan untuk mensosialisasikan koperasi ke masyarakat, tidak hanya mengandalkan pada satu titik saja, dengan maksud cara mensosialisasikannya bukan hanya mengandalkan pada sebuah media saja, melainkan dengan tambahan berupa suatu penyajian khusus yang dilakukan oleh para tim untuk menjelaskan secara detail dan jelas mengenai seluk beluk koperasi yang semestinya diketahui oleh masyaraka itu sendiri. Melalui cara ini, saya fikir ini merupakan cara yang cukup efektif karena lewat penjelasan, masyarakat akan memperoleh pengetahuan serta pemahaman yang lebih mengenai koperasi tersebut. Dapat dikatakan saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara keseluruhan tentang kehidupan koperasi, maka dari itu diadakan sebuah kegiatan sosialisasi yang mempunyai tujuan utama yaitu lebih mengenalkan koperasi kepada masyarakat. Masih terdapat juga saat ini masyarakat yang mengetahui apa itu bentuk dari koperasi tetapi mereka kurang memahami peranan koperasi itu sendiri, ini merupakan permasalahan yang saat ini telah menjalar di kehidupan masyarakat saat ini.

            Dalam kenyataannya sekarang, bahwa koperasi kurang mendapat perhatian di hati mayarakat sendiri, jika dibandingkan dengan sebuah unit usaha lainnya seperti toko serta supermarket yang baru berdiri membuka usahanya dalam beberapa hari saja masyarakat sudah mengetahuinya, tapi lain halnya dengan koperasi, koperasi yang sudah lama berdiri berhari-hari masih saja banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya, mengapa hal ini terjadi? hal ini terjadi karena kurang dalam proses pemasarannya, coba lihat cara pemasaran serta pengenalan yang dilakukan oleh supermarket dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat, kita dalam menjalankan program sosialisasi koperasi dapat mencontoh cara yang dilakukan oleh supermarket tersebut. Dengan menambahkan inovasi-inovasi serta ide kreatif dalam mensosialisasikan koperasi, saya yakin pasti kegiatan sosialisasi akan berjalan dengan sukses. Sosialisasi yang diselenggarakan pun tidak hanya dilakukan pada masyarakat dewasa, melainkan dilakukan kepada masyarakat muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Mengenalkan koperasi kepada mereka yang muda adalah cara yang cukup ampuh, karena dari sejak kecil setidaknya mereka telah mengetahui apa yang dimaksud dengan koperasi dan mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan oleh koperasi. Dalam mensosialisasikannya pun kita harus memberikan fitur-fitur yang baik tentang koperasi itu sendiri, dengan ini masyarakat akan percaya dengan semua kegiatan koperasi. Setelah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat barulah koperasi dapat tetap eksis di lingkungan masyarakat hingga di hati masyarakat sendiri.

            Itulah yang dapat saya uraikan mengenai cara bagaimana mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat agar masyarakat tertarik pada koperasi. Bila ada kesalahan saya mohon maaf, kritik serta saran untuk membangun tulisan ini sangat saya harapkan, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar