Sabtu, 27 April 2013

Andai Aku Jadi Menteri Perekonomian


Andai Aku Jadi Menteri Perekonomian

          Dalam kesempatan ini saya akan memaparkan sedikit tentang beberapa kegiatan maupun hal yang seharusnya dilakukan jika menjadi Menteri Perekonomian. Di dalam tulisan ini saya memberikan beberapa pendapat saya terkait dengan hal yang dilakukan oleh Menteri Perekonomian. Andaikan saya diberikan kesempatan untuk menempati posisi sebagai Menteri Perekonomian tentunya hal yang saya lakukan dalam menduduki suatu jabatan ini adalah memajukan perekonomian negara ini, mulai dari hal terkecil sampai dengan hal terbesar yang sangat memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian ke arah yang lebih baik lagi.
            Jabatan Menteri Perekonomian ini sering disebut sebagai Kemenko Perekonomian atau yang merupakan sebuah singkatan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Kedudukan posisi ini memiliki penjelasan yaitu kementerian yang dijalankan di dalam Pemerintahan Indonesia yang membidangi koordinasi serta sinkronisasi dalam hal penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian.
            Menteri Perekonomian memiliki beberapa fungsi dalam melaksanakan tugasnya antara lain yaitu; mengatur serta mengkoordinir para menteri negara serta pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugasnya di bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas; selanjutnya melakukan pengkoordinasian dan peningjatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, serta penyusunan rencana maupun program dan kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian; kemudian menyampaian laporan hasil evaluasi, saran, serta pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Adapun kemeterian yang dikoordinasikan oleh Kemenko Perekonomian meliputi dari Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, dan masih banyak lagi hingga Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
            Andai saya menjadi Menteri Perekonomian saya akan berusaha sesuai kemampuan saya untuk terus meningkatkan nilai perekonomian negeri ini, dengan melakukan hal-hal yang mencakup fungsi serta tugas dari Menteri Perekonomian itu sendiri.
          Mendengar kabar baik tentang kondisi perekonomian bahwa perekonomian negeri ini telah mengalami peningkatan yang di kemukakan oleh negara lain yang melihat perkembangan perekonomian di negeri ini. Di samping itu sebagai menteri perekonomian masih banyak yang perlu dibenahi dalam perekonomian negara ini, contohnya saja dalam segi perdagangan impor ekspor, yang perlu dibenahi disini adalah mengurangi jumlah impor yang selama ini dilakukan oleh negara ini. Dengan menekan jumlah impor kita pun harus meningkatkan jumlah ekspor agar negara dapat menerima pemasukan yang nantinya dapat menambah nilai perekonomian negara kita sendiri.
            Saya akan mencoba untuk menjelaskan pendapat saya tentang suatu contoh dari bukti real yang sedang terjadi di negara kita dalam akhir-akhir ini, yaitu kenaikan harga bawang putih serta cabai dan kawan-kawan lainnya. Kenaikan harga bawang putih yang sedang terjadi di negara ini dapat di simpulkan terjadi karena adanya kelangkaan yang melibatkan kurangnya pasokan bawang putih itu sendiri dalam memenuhi permintaan konsumen. Mengapa terjadi kekurangan pasokan? Hal ini terjadi karena negara kita sendiri tidak memiliki persediaannya, mengapa? Negara kita sendiri tidak dapat memenuhi jumlah kebutuhan dari permintaan konsumen, karena ladang yang digunakan untuk menanam bawang putih itu sendiri kurang untuk memenuhi permintaan konsumen tersebut, oleh karena itu pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan impor bawang putih dari negara lain. Mengingat ladang yang digunakan untuk menanam bawang putih sendiri kurang memadai, menurut saya ini terjadi karena meningkatnya pembangunan rumah-rumah penduduk yang dilakukan oleh para penduduk negeri ini. Mereka gempar untuk mendirikan rumah-rumah mewah untuk kepentingan diri sendiri tanpa memikirkan lahan yang telah mereka gunakan, setidaknya lahan yang mereka gunakan untuk mendirikan bangunan itulah lahan yang digunakan untuk bercocok tanam. Belum lagi penduduk desa yang awal mulanya bekerja untuk bertani menanam bawang putih serta tanaman lainnya telah pindah ke kota untuk memperbaiki nasib mereka, sehingga sumber daya manusia untuk menghasilkan bawang putih pun berkurang. Mereka penduduk desa yang telah pindah ke kota pun telah mendirikan rumah-rumah kumuh serta secara tidak langsung mereka telah memadatkan kota seperti contohnya ibukota Jakarta ini. Niat mereka untuk mengadu nasib di Jakarta telah menambah beban pemerintah untuk mengatur serta membenahi tatanan kota.
            Kondisi seperti itulah yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan perekonomian di negara kita ini, melihat kondisi seperti itu andaikan saya menjadi menteri perekonomian saya akan lebih berkonsentrasi pada satu titik permasalahan yang nantinya juga dapat mempengaruhi beberapa titik yang telah mempunyai hubungan oleh satu titik tersebut. Seperti dengan adanya permasalahan mengenai kelangkaan bawang putih, menteri perekonomian dapat mengambil langkah untuk menambah jumlah pertanian di negara ini, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di negara kita, dengan menambah jumlah pertanian mungkin negara ini dapat meminimalisir jumlah impor yang dilakukan terhadap kebutuhan bawang putih, dengan mengubah suatu titik permasalahan saja kita dapat menerima perubahan dampak terhadap kondisi-kondisi titik permasalahan yang lainnya. Mungkin untuk membenahi satu permasalahan saja bukan hal yang mudah untuk dijalankan, oleh karena itu menteri perekonomian telah bekerja sama serta mengkoordinir berbagai tugas dengan kementerian-kementerian lain yang telah saya sebutkan diantaranya pada awal tulisan ini.
            Kesimpulannya menurut pendapat saya melihat beragam permasalahan yang masih terus terjadi di negara ini, ada baiknya Menteri Perekonomian memfokuskan pada suatu titik permasalahan yang nantinya juga akan terjadi hubungan saling mempengaruhi terhadap beberapa titik-titik permasalahan lainnya. Sehingga kita dapat menyelesaikan permasalahan satu demi satu.

            Sekian pendapat saya mengenai beberapa solusi yang saya berikan dalam tulisan saya yang berjudul “Andai Aku Jadi Menteri Perekonomian”, kritik serta saran yang dapat membangun tulisan saya kedepannya sangat saya harapkan, terima kasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar