Minggu, 28 April 2013

Pengaruh Variabel-Variabel Makro Terhadap Perekonomian Indonesia


Pengaruh Variabel-Variabel Makro Terhadap
Perekonomian Indonesia

            Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan penjelasan berdasarkan pendapat saya, mengenai berbagai pengaruh dari variabel-variabel makro terhadap perekonomian. Sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang ekonomi makro, ekonomi makro sendiri merupakan suatu sistem yang mempelajari tentang perubahan ekonomi terutama di Indonesia yang telah membawa pengaruh besar terhadap masyarakat, pasar, dan juga perusahaan. variabel-variabel makro yang telah mempunyai pengaruh terhadap perekonomian Indonesia diantaranya yaitu: konsumsi, investasi serta pemerintahan. Dimana konsumsi, pemerintah serta investasi juga dipengaruhi oleh tiga variabel, yaitu : Nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga, dan inflasi, yang mempengaruhi dalam permintaan agregat. Sehingga penentuan untuk semakin baik atau buruknya permintaan agregat tersebut tergantung dari ketiga variabel tersebut.
            Ketiga variabel dalam makro yaitu konsumsi, investasi, serta pemerintah mempunyai pengaruh sendiri-sendiri dalam artian memeiliki pengaruh yang berbeda-beda dalam perekonomian Indonesia, pengaruhnya seperti : pengaruh konsumsi terhadap perekonomian negara, pengaruh investasi terhadap perekonomian negara, pengaruh pemerintah terhadap perekonomian negara, begitu pula pengaruh impor dan ekspor terhadap perekonomian negara.
            Saya akan mencoba untuk menjelaskan satu persatu pengaruh-pengaruh variabel tersebut terhadap perekonomian  Indonesia. Yang pertama adalah pengaruh konsumsi terhadap perekonomian negara, jika kita membicarakan konsumsi pastinya dalam pernyataan ini terdapat kegiatan penggunaan terhadap ekonomi, seperti yang dilakukan oleh masyarakat yaitu kegiatan berbelanja dimana kegiatan ini dipengaruhi oleh faktor pendapatan yang diterima oleh seseorang, jika tingkat pendapatan yang diterima besar maka seseorang tersebut dapat melakukan kegiatan berbelanja dengan skala yang besar pula, begitupun sebaliknya jika sesorang itu menerima pendapatan yang rendah, maka skala berbelanja yang ia lakukan pun dalam skala yang rendah pula. Begitupun pengaruhnya dalam hal konsumsi jika seseorang mendapatkan pendapatan dalam jumlah yang tinggi, maka ia akan melakukan konsumsi dalam skala besar, sebaliknya jika seseorang mendapatkan pendapatan dalam jumlah yang kecil, maka secara otomatis ia akan melakukan konsumsi dalam skala yang kecil pula. Untuk mencapai keseimbangan, dalam hal ini masyarakat harus mengimbangi kegiatan konsumsi mereka dengan kegiatan saving, dengan demikian maka saving akan menghasilkan keseimbangan dalam menggunakan pendapatan tersebut, sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan penyisihan maupun penyimpanan yang nantinya akan mempengaruhi kondisi keuangan yang dialaminya.
            Selanjutnya pengaruh investasi terhadap perekonomian negara, membahas tentang investasi di sini berarti ada kaitannya dengan harta yang dimiliki oleh setiap orang, baik harta dalam bentuk uang tunai, tabungan, aktiva yang dimiliki, surat berharga dan lain sebagainya. Investasi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap perekonomian negara, mengapa? karena dengan investasi yang dilakukan oleh masyarakat kepada negara atau yang dapat disebut dengan investor, maka negara akan mendapatkan dana untuk sumber pendapatannya, sehingga negara akan dapat meningkatkan pendapatan nasional Negara Indonesia. Kegiatan investasi yang dilakukan oleh masyarakat tersebut nantinya akan memberikan kemajuan serta kesejahteraan dalam ekonomi bagi masyarakat itu sendiri.
            Pembahasan pengaruh terhadap perekonomian negara selanjutnya adalah, pengaruh pemerintah terhadap perekonomian negara. Pemerintah sangat memberikan pengaruh terhadap perekonomian negara, bagaimana tidak, pemerintah sendiri itulah orang yang kegiatannya mengatur, mengendalikan, serta pusat dalam perputaran perekonomian negara. Semua kegiatan yang dilakukan dalam perekonomian itu merupakan atas peraturan dan atas pengendalian dari pemerintah sendiri, seolah-olah pemerintahlah yang mengatur laju jalannya perekonomian suatu negara, mau di bawa kemana arus perekonomiannya, yang pasti dibawa ke dalam jalur yang ditempuh untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Lalu pemerintah seperti apa yang dapat mengantarkan perekonomian negara ke dalam jalur pencapaian tujuan? pemerintah yang bersih, dengan artian bahwa pemerintah tersebut mempunyai pola perilaku yang baik pula. Dengan begitu keselarasan, keseimbangan, kemajuan dan kesejahteraan akan mencakup dalam berbagai aspek kehidupan keekonomian.Semua inipun dengan adanya faktor internal maupun faktor eksternal yang harus dapat dikendalikan oleh pemerintah itu sendiri, seperti optimalisasi terhadap anggaran belanja negara, meningkatkan kualitan pembangunan infrastruktur, pemulihan terhadpa ekonomi global beruba harga minyak dunia yang semakin tinggi.
            Selanjutnya yaitu pengaruh impor dan ekspor terhadap perekonomian negara, ekspor serta impor tidak kalah pentingnya dalam memberikan pengaruh terhadap perekonomian negara. Contohnya saja adalah GDP (Gross Domestic Product) dimana GDP inilah yang menjadi pendapatan bagi negara kita ini. Kegiata impor serta ekspor disini menggambarkan adanya suatu perdagangan yang merupakan konsep dari ekonomi pembangunan, yang dapat dilihat dengan adanya perdagangan internasional. Kita sebagai masyarakat harus pandai-pandai untuk menggali serta memanfaatkan sumber daya yang ada di Negara Indonesia ini, karena kegiatan impor ekspor sendiri merupakan perwujudan dari adanya pemanfaatan sumber daya yang ada, sehingga semakin banyak sumber daya yang dapat kita manfaatkan maka semakin banyak pula yang dapat kita lakukan dalam kegiatan ekspor ke negara lain. Dengan demikian adanya kegiatan ekspor maka akan menambah pendapatan nasional negara, sehingga dapat mendorong perekonomian negara kearah yang lebih baik sehingga mendekati tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

            Sekian pendapat saya mengenai penjelasan yang saya berikan dalam tulisan saya  ini dengan judul “Pengaruh variabel-varibel makro terhadap perekonomian Indonesia”, kritik serta saran yang dapat membangun tulisan saya kedepannya sangat saya harapkan, terima kasih J

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar