Sabtu, 25 Mei 2013

Hubungan Antara Hukum Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat

Hubungan Antara Hukum Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat

            Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang hubungan antara hukum ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan merupakan hal yang selalu diinginkan serta diharapkan oleh setiap orang, tentunya dengan suatu proses melalui hukum ekonomi lah yang merupakan satu dari berbagai hal yang akan mewujudkan kesejahteraan pada suatu masyarakat. Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan dari diadakannya hukum ekonomi, oleh karena itu hukum ekonomi dengan kesejahteraan masyarakat mempunyai suatu hubungan tersendiri. Tidak hanya dengan hukum ekonomi saja yang akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di samping itu pun harus adanya dukungan dari para pemerintah untuk mengatur semuanya sehingga dapat tersusun sedemikian rupa.
            Kesejahteraan masyarakat itu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantanranya yaitu faktor intern maupun faktor ekstern, di mana faktor intern itu datangnya dari dalam seperti peran dari masyarakat itu sendiri untuk mendukung supaya mendapatkan kesejahteraan, kemudian faktor ekstern, faktor ekstern itu datangnya dari luar seperti peran pemerintah dalam membantu untuk mewujudkan kesejahteraan para masyarakatnya.
            Untuk membahas lebih mendalam lagi tentang hubungan antara hukum ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang hukum ekonomi, apa yang dimaksud dengan hukum ekonomi? hukum ekonomi merupakan suatu hubungan sebab akibat yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dimasyarakat. Selain kesejahteraan masyarakat, hukum ekonomi putn memeliki beberapa tujuan lain seperti ; menjamin berfungsinya mekanisme pasar secara efisien dan lancar, melindungi berbagai jenis usaha khususnya jenis Usaha Kecil Menengah (UKM), membantu memperbaiki sistem keuangan serta sistem perbankan, memberikan perlindungan terhadap pelaku ekonomi dalam menjalankan kegiatannya.
            Peran hukum ekonomi di masyarakat itu sebagai suatu fungsi yang memfasilitaskan semua kegiatan ekonomi serta perdagangan dalam kehidupan masyarakat, di mana semua ini dikemukakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Hukum ekonomi dalam hal ini adalah hukum pidana yang akan merangkul semua aktivitas ekonomi dalam masyarakat, sehingga hukum pidana dalam ekonomi akan mencegah serta memberikan pengawasan yang lebih terhadap perilaku-perilaku menyimpang yang nantinya akan terjadi dalam kegiatan perekonomian, di mana perilaku menyimpang tersebut akan merugikan sebagian atau seluruh masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi sehari-hari. Dengan adanya hukum pidana ini dapat diharapkan supaya tidak adanya lagi penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan masyarakat, serta dapat mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat sebagai mana tujuan dari diadakannya hukum ekonomi.
            Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh para masyarakat yang dijadikan sebagai aktivitas sehari-hari merupakan tujuan untuk terpenuhinya semua kebutuhan dan kesejahteraan dalam diri masyarakat tersebut, sehingga semua orang yang hidup dalam dunia ini melakukan aktivitas ekonomi. Melihat tujuan dari seluruh masyarakat melakukan aktivitas ekonomi adalah untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya, maka muncullah hukum ekonomi yang nantinya akan membantu para masyarakat dalam melaksanakan aktivitas nya sehari-hari. Di mana dalam hal ini peranan hukum ekonomi telah mempunyai suatu peranan yang penting pula dalam membantu masyarakat.
            Hukum ekonomi pun yang diberlakukan dalam aktivitas perekonomian masyarakat harus mempunya kekuatan super, agar dapat membasmi semua perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan. Dengan adanya hukum ekonomi yang kuat kesejahteraan dalam masyarakat akan menjadi lebih mudah untuk didapatkan, sebaliknya jika hukum ekonominya lemah maka akan sangat sulit untuk mencapai kesejahteraan tersebut.
            Untuk membantu bekerjanya hukum ekonomi, dalam hal ini hukum ekonomi merupakan hal yang tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya peranan pemerintah di dalamnya. Lalu apa yang akan dilakukan pemerintah? pemerintah akan terus mengawasi berjalannya hukum ekonomi serta akan menjalankan hukum ekonomi tersebut sebagaimana mestinya dalam mengontrol semua kegiatan-kegiatan ekonomi dalam masyarakat.
            Adapun beberapa langkah kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pertama, melakukan peningkatan kesejahteran untuk masyarakat kurang mampu, dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah mendahulukan masyarakat kurang mampu dibandingakn dengan masyarakat yang sudah berkecukupan, realisasinya dalam hal ini dapat diwujudkan dalam pembagian subsidi, pemerintah dapat memberikan mereka para masyarakat kurang mampu sebuah perhatian lebih serta bimbingan yang akan menuntun mereka ke arah kesejahteraan.
            Selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sumber daya manusia inilah yang merupakan hal paling penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan jumlah sumber daya manusia yang terus bertambah tanpa dibarengi dengan peningkatan kualitas diri, mereka tidak akan bisa untuk mendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah akan memberikan motivasi kepada mereka untuk dapat menambah kualitas pada diri mereka masing-masing, sehingga dengan adanya kualitas pada diri mereka tentunya mereka akan dengan mudah berinovasi serta mendapatkan pekerjaan yang semesetinya mereka dapatkan, dengan tercapainya hal itu maka dengan mudahnya mereka dapat mewujudkan kesejahteraan dalam hidupnya.
            Kemudian hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah yaitu melakukan pemantapan reformasi birokrasi dan hukum, serta malakukan pemantapan demokrasi dan keamanan nasional. Di samping itu pemerintah pun harus melakukan penguatan perekonomian domestik yang berdaya saing dengan dukungan pembangunan pertanian, infrastruktur maupun energi. Tidak lupa juga pemeritah harus tetap memperhatikan sumber daya alam, dalam hal ini pemerintah harus melakukan peningkatan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
            Dengan semua langkah kebijakan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat lewat hukum ekonomi yang ditetapkan, serta dukungan dari para masyarakat, maka kesejahteraan masyarakat dapat dengan mudah dicapai.
            Sekian penjelasan dari saya mengenai “Hubungan Antara Hukum Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat” kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada pendapat saya yang tidak sesuai, kritik dan saran sangat saya harapkan untuk membangun tulisan saya, terima kasih J
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar