Sabtu, 25 Mei 2013

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia

          Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai pengaruh globalisasi terhadap perekonomian Indonesia. Pertama-tama sebelum kita masuk ke pembahasan, terlebih dahulu kita menegetahui apa itu yang disebut dengan globalisasi. Globalisasi merupakan suatu keterkaitan serta ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia baik melalui perdagangan maupun melalui investasi, serta melalui perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi lebih sempit. Pengertian lainnya mengenai globalisasi yaitu suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, maupun antar negara yang saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan saling mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.
            Sedangkan penjelasan mengenai globalisasi ekonomi adalah suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Maksudnya semua negara dapat bersatu serta dapat melakukan kegiatan perekonomian, dalam hal ini seperti investasi, perdagangan serta kegiatan lainnya dengan tidak lagi memperdulikan batas-batas kenegaraan. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan serta hambatan terhadap arus modal, barang maupun jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi lebur dalam artian tidak dipermasalahkan lagi, serta adanya keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional yang akan semakin erat.
            Globalisasi perekonomian disatu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, namun tidak tertutup kemungkinan yang akan terjadi adalah sebaliknya yaitu membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Dalam kenyataannya yang terjadi saat ini banyak sekali produk-produk global yang telah menjadi sorotan sendiri dalam pandangan masyarakat, sehingga yang terjadi saat ini adalah banyaknya masyarakat yang lebih banyak memilih untuk mengkonsumsi produk global dibandingkan dengan mengkonsumsi produk dari pasar domestik atau dari dalam negeri sendiri. Mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi produk global dikarenakan kualitasnya serta harganya, miris memang ketika mendengar hal itu, tapi memang itu yang benar-benar terjadi saat ini.
            Di samping itu globalisasi pun mempunyai beberapa dampak positif serta dampak negatif terhadap perekonomian di suatu negara. Dampak positif dari globalisasi ekonomi terhadap suatu negara yaitu ; Produksi global dapat ditingkatkan, meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara, meluaskan pasar untuk produk dalam negeri, dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik, serta menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi. Dan untuk dampak negatif globalisasi ekonomi terhadap suatu negara yaitu ; Menghambat pertumbuhan sektor industri, memperburuk neraca pembayaran, sektor keuangan semakin tidak stabil, memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang.
            Dan pengaruh globalisasi terhadap perekonomian Indonesia ada yang berdampak positif maupun negatif. Dampak positif yang telah diberikan dari suatu globalisasi ekonomi untuk perekonomian Indonesia adalah :
- Yang pertama yaitu semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan anggapan bahwa produk yang diekspor Indonesia mampu untuk menghadapi persaingan ketat yang terjadi di pasar internasional. Tentunya hal ini membuka kesempatan bagi para pengusaha di Indonesia untuk melahirkan banyak produk-produk berkualitas, serta menumbuhkan kreatifitas, di mana hal ini sangat dibutuhkan oleh pasar dunia.
- Yang kedua yaitu semakin mudah untuk mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian suatu lahan pabrik di Indonesia akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dan dengan hal ini Indonesia dapat menangani serta mengatasi masalah kelangkaan modal di Indonesia.
- Yang ketiga yaitu dengan adanya suatu globalisasi ekonomi, akan semakin mudah untuk memperoleh barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang kondisinya belum bisa diproduksi di Indonesia.
- Yang keempat yaitu semakin meningkatnya kegiatan pariwisata di Indonesia, sehingga membuka lapangan kerja dibidang pariwisata sekaligus akan menjadi ajang promosi produk Indonesia.
            Selain dampak positif yang diberikan oleh globalisasi ekonomi kepada perekonomian Indonesia, adapula dampak negatif yang seharusnya kita perhatikan seperti :
-          Kemungkinan hilangnya pasar produk ekspor Indonesia karena Indonesia akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan produk negara lain yang lebih memiliki nilai plus dihadapan masyarakat seperti harganya yang lebih murah serta kualitasnya yang memang tidak diragukan lagi. Dapat diambil sebagai contoh yaitu produk pertanian kita yang telah mengalami kekalahan jauh dari negara Thailand.
-          Selanjutnya dampak negatif yang diberikan dari suatu globalisasi terhadap perekonomian Indonesia adalah membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga dapat menghentikan usaha-usaha yang telah dilakukan di Indonesia, seperti ancaman produk mainan yang diproduksi oleh Cina, produk mainan tersebut banyak beredar di Indonesia hingga saat ini karena mempunyai kisaran harga yang lebih murah dibandingkan oleh produk dalam negeri.
-          Selanjutnya yaitu ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. Sehingga investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau diambil kembali jika dirasa tidak lagi dapat memberikan keuntungan yang memuaskan, dengan adanya hal itu maka dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi di Indonesia.
-          Kemudian dampak negatif yang diberikan selanjutnya adalah ancaman masuknya tenaga kerja asing di Indonesia yang lebih profesional SDMnya dibandingkan dengan negara kita, tentunya hal ini dapat menambah sempitnya lahan lapangan kerja di Indonesia.

            Kesimpulan yang dapat kita tarik setelah melihat beberapa dampak positif serta dampak negatif yang diberikan oleh globalisasi ekonomi kepada perekonomian Indonesia adalah kita harus tetap bersiap untuk menghadapi segala sesuatu yang terjadi, dimana dampak positif maupun dampak negatif tersebut tergantung dari kesiapan kita semua dalam menghadapi globalisasi tersebut.

            Sekian penjelasan dari saya mengenai “Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia” kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada pendapat saya yang tidak sesuai, kritik dan saran sangat saya harapkan untuk membangun tulisan saya, terima kasih J


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar