Selasa, 10 Januari 2012

Ruang Lingkup Bisnis


RUANG LINGKUP BISNIS
1.                 PENGERTIAN
Pengertian dari bisnis tersedia dalam arti luas dan beberapa pengertian lainnya, yaitu sebagai berikut:
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua  aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian lainnya menjelaskan bahwa :
-       Semua aktivitas manusia yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari mulai dari, menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli bahan mentah sampai dengan menjadi barang jadi.
-     Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh Individu  dan sekelompok orang(organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service), untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
-       Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi suatu barang dan jasa utuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service tosatisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. (Griffin & Ebert)

2.                 TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
a.            Melindungi usaha kecil dan menengah. 
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahla justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunyai daya asing.
b.            Melindungi lingkungan hidup sekitarnya. 
Melakukan bisnis atau usaha di negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut bertujuan untuk tidak merusak atau memberi dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut. Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pembisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
c.            Melindungi konsumen. 
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pembisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pembisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.
d.            Pendapatan pemerintah. 
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi negara kita juga. Bisnis yang beroperasi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu usaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun seiring dijalankannya program ini  sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ( korupsi ).

3.                 SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi.
Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
      Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

4.                 KESEMPATAN BISNIS DAN USAHA
Semua orang pasti memiliki kesempatan dalam bisnis maupun usaha, dengan didasarkan pada niat semua orang dapat menjalankan suatu bisnis atau usaha, dengan rasa sungguh-sungguh dalam meniti suatu bisnis dan usaha maka seseorang itu akan mendapatkan kesuksesan dalam usahanya.
Ada banyak alternatif untuk mendirikan sebuah bisnis dan usahan, seperti: penuhi kebutuhan konsumen, jual keunikan, duplikasi usaha lain, beri fasilitas tambahan, jual keterampilan, jadi agen, jual barang second, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5.                  JENIS KEGIATAN BISNIS
Bisnis dapat diwujudkan dengan beberapa kegiatan, diantaranya sebagai berikut:
            a. Perdagangan, kegiatan bisnis yang kegiatan utamanya yaitu menjual barang dagangan, seperti: menjual pakaian, dll.
b. Pengangkutan, kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa untuk menawarkan jasa pengangkutan, misalnya jasa pengangkutan yang ditawarkan untuk keperluan pindah rumah, dll.
c. Penyimpanan, kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa khususnya untuk kepentingan penyimpanan, seperti bank (untuk menyimpan uang), dll.
d. Pembelanjaan, kegiatan bisnis yang bergerak dalam kegiatan pembelanjaan.
e. Pemberian informasi, kegiatan bisnis yang kegiatan utamanya untuk memberikan informasi kepada khalayak.

6.     UNSUR-UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
        a. Manusia
                 Manusia adalah unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia lah yang menjalankan usaha tersebut.
b. Modal 
Unsur terpenting setelah manusia adalah modal, karena dalam menjalankan aktivitas ekonomi tanpa adanya dukungan dari modal itu sendiri, usaha yang dijalankan tidak akan terwujud. Modal dapat membantu seseorang dalam segala kegiatan usahanya seperti memproduksi barang atau jasa.
c. Material 
Unsur pendukung setelah modal adalah material dimana material ini berguna untuk melangsungkan aktivitas ekonomi.
d. Metode 
Selain unsur-unsur tersebut diatas metode tidak kalah pentingnya dalam menjalankan aktivitas ekonomi, karena metodelah yang membimbing seseorang dalam menjalankan usahanya.
e.       Manajerial 
Menejerial diperlukan dalam menjalankan aktivitas ekonomi karena berfungsi untuk mengatur serta mengawasi jalannya kegiatan ekonomi, untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
f.       Mesin / peralatan
Unsur terakhir yang tidak boleh ditinggalkan yaitu mesin dan peralatan yang di butuhkan dalam menjalankan kegiatan ekonomi serta pendukung dalam suatu usaha.
7.       HAKIKAT BISNIS
    Hakikat Bisnis adalah kebutuhan manusia berupa barang dan jasa yang harus dipenuhi kebutuhannya untuk melangsungkan hidup, dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang ( barter ) yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak.
 Alasan orang belajar bisnis: 
a. Saling ketergantungan. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dalam artian manusia hidup membutuhkan orang lain untuk membantu dalam memenuhi kebutuhannya. 
b. Usaha mempertahankan dan meningkatkan standar hidup. Dengan bisnis seseorang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Karena dari bisnis itulah manusia mendapatkan uang atau modal untuk membeli semua kebutuhannya untuk bertahan hidup. 
c. Kemajuan IPTEK. Seseorang dapat berjualan melalui internet mengingat kemajuan teknologi yang semakin berkembang, internet juga sangat membantu dalam usaha bisnis karena lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usaha bisnis.


 Terimakasih saya ucapkan untuk bapak/ibu pengarang buku dan pemilik  blog ataupun web  yang telah saya kutip kata-katanya untuk membuat portofolio ini.

Sumber :
www.gebypixie.wordpress.com/2010/10/17/ruang-lingkup-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar