Minggu, 16 Juni 2013

Beragam Bentuk Upaya Penghijauan

Beragam Bentuk Upaya Penghijauan
1. Hutan Kota
            Hutan kota merupakan kawasan dalam kota yang didominasi oleh pepohonan, yang habitatnya dibiarkan tumbuh secara alami (tidak terlalu diatur). Lokasi  hutan kota biasanya terdapat di daerah pinggiran. Tujuan dibentuknya hutan kota adalah sebagai daerah penyangga kebutuhan air, lingkungan alami, serta pelindung flora dan fauna di perkotaan.
2. Taman Umum
            Taman umum adalah taman yang di peruntukkan sebagai ruang terbuka hijau untuk umum. Di kota Jakarta, terdapat beberapa jenis taman umum.
3. Taman Halaman Kantor
            Taman halaman kantor berbeda dengan taman umum yang telah di jelaskan sebelumnya. Taman halaman kantor merupakan bagian dari bangunan kantor tersebut sejak masih dalam perencanaan. Artinya, taman halaman kantor dibuat bukan untuk tempat beristirahat saja, tetapi mempunyai nilai estetis yang sangat penting.
            Taman umum banyak menanam tanaman besar, sedangkan taman halaman kantor lebih banyak menanam tanaman rendah, bahkan tanaman berbunga.
4. Penghijauan Jalan Umum
            Penghijauan di jalan sangat tergantung pada jenis jalan tersebut. Jika penghijauan dilakukan di jalan protokol maka jenis tanamannya tidak boleh terlalu rimbun. Umumnya, di jalan protokol ditanami tanaman hias yang kecil, tanaman bunga, atau rumput. Sementara di jalan lingkungan, kita bisa menanam jenis tanaman yang agak besar agar jalan tersebut terasa teduh.
5. Penghijauan Pemukiman Penduduk
            Halaman rumah yang luas dapat kita manfaatkan untuk penghijauan. Hal ini sangat bermanfaat bagi kota jakarta karena membantu upaya penghijauan kota. Bayangkanlah jika semua halaman perumahan di kota jakarta dimanfaatkan untuk penghijauan kota. Hasilnya tentu akan bermanfaat sekali. 
6. Penghijauan Daerah Aliran Sungai
            Daerah aliran sungai yang tidak terawat dapat menyebabkan longsor dan banjir. Oleh karena itu, penghijauan daerah aliran sungai sangatlah penting. Selain dapat memperkuat dinding, daerah aliran sungai juga dapat menjadikan pemandangan yang indah di sepanjang sungai tersebut.
F. Beragam Tanaman Untuk Penghijauan
            Tanaman yang akan dijadikan tanaman pelindung dalam upaya penghijauan mempuyai syarat-syarat tertentu. Nah, perhatikanlah beberapa syarat tanaman pelindung berikut ini :
1) Berbatang besar dan tinggi
2) Berpenampilan segar dan menarik
3) Berfungsi sebagai penyerap polusi
4) Berfungsi sebagai peneduh jalan
5) Bebas hama dan penyakit
6) Percabangannya kuat dan daunya tidak mudah gugur
7) Tidak menimbulkan alergi
8) Tidak merusak lingkungan
9) Perawatannya mudah
10) Tidak berpenampilan seperti perdu atau semak
11) Tidak berbahaya

            Tentunya selain kita melakukan berbagai kegiatan di atas tanpa adanya perawatan maka hasilnya akan nihil. Oleh karena itu perlu diadakannya perawatan serta kesadaran para masyarakat untuk terus menjaganya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar