Minggu, 16 Juni 2013

Ekspor Dan Impor Indonesia

EKSPOR DAN IMPOR INDONESIA
            Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang masalah impor dan ekspor Indonesia, saya memilih pokok bahasan ini karena masalah impor dan ekspor tidak kalah pentingnya di dalam perekonomian negara ini.
            Dalam semua negara-negara di dunia tentunya tidak lepas dari aktifitas perdagangan dengan negara lain, seiring dengan perkembangannya maka tiap negara-negara tersebut memiliki komoditas andalan untuk diperdagangkan dengan negara lain. Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda antara negara yang satu dengan negara yang lainnya, oleh karena itu suatu negara yang membutuhkan komoditi yang tidak tersedia di negaranya akan melakukan perdagangan atau pertukaran komoditi dengan negara lain, sehingga terjadilah kegiatan ekspor dan impor di setiap negara. Karena pentingnya hal itu maka tiap-tiap negara melakukan kebijakan ekspor-impor. Kegiatan ekspor yang terjadi di negara tertentu juga akan menambah angka devisa di negara itu sendiri.
            Indonesia masih selalu termasuk negara defisit, dalam neraca perdagangan (barang dan jasa) saja ekspor Indonesia masih rendah  karena kinerja perdagangan atau perkembangan ekspor barang dan jasa Indonesia sangat lemah. Ini menunjukan bahwa Indonesia masih tertinggal dari persaingan pasar yang semakin ketat, Indonesia saat ini masih belum dapat menonjol sebagai salah satu negara prosedur produk – produk terutama di kalangan menengah dan tinggi hal ini dinilai perdagangan Indonesia masih relatif lamban. Disisi lain juga pergerakan laju Import juga dinilai lamban karena juga belum dapat menghasilkan produk – produk yang dapat meningkatkan perekonomian Indonesia di lingkungan nasional atau dalam negeri

            Kegiatan Ekspor Import juga merupakan faktor penentu dalam menentukan roda perekonomian di negara kita. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kita sebagai negara yang sangat kaya raya. Dalam era perdagangan global sekarang ini, arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Ekspor dan impor merupakan kegiatan perdagangan yang memerlukan perhatian khusus bagi pemerintah kita, disamping munculnya beberapa masalah yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar