Minggu, 16 Juni 2013

BISNIS PLAN (part 1)

BISNIS PLAN (part 1)
LATAR BELAKANG
Melihat kemajuan trend fashion di dunia, membuat kami tertarik untuk membantu memajukan trend fashion dengan mendirikan usaha pejualan pernak-pernik wanita atau yang sering disebut aksesoris wanita, kami tertarik dengan usaha ini karena hampir semua wanita memerlukannya untuk menyempurnakan penampilannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan trend fashion di dunia membuat perkembangan gaya semakin melekat di hati para wanita. Dengan mengikuti trend yang ter-update, membuat wanita ingin memadukannya untuk tampil menarik dan cantik
Bagi wanita karier atau yang sedang bekerja, maupun yang masih bersekolah atau kuliah kadang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berbelanja aksesoris. Untuk itulah kami mecoba membuka usaha dalam bidang penjualan aksesoris. Di sini kami akan memasarkan serta melakukan penjualan berbagai macam aksesoris seperti gelang, cincin dan kalung dengan cara online. Media komunikasi yang kami gunakan untuk memasarkan serta menjual produk kami yaitu melalui jejaring sosial facebook, twitter dan kami pun membuat group pada blackberry messeger.
VISI :  
- Membantu menyempurnakan trend fashion dunia.
- Menyempurnakan gaya dan penampilan para wanita.

MISI             :
- Menjual berbagai macam aksesoris yang berkualitas dengan harga terjangkau.
- Mengikuti trend fashion dunia yang ter-update.
- Menyediakan beragam aksesoris yang elegant dan sempurna.

TUJUAN USAHA
Meningkatkan kemajuan trend fashion di Indonesia, dengan mengikuti trend fashion yang berkembang di dunia internasional. Serta membantu para wanita dalam menyempurnakan penampilannya untuk tetap cantik dan menawan dengan menambahkan sentuhan dari aksesoris guna melengkapi performanya.
PEMBAHASAN
Produk yang akan kami pasarkan berupa aksesoris. Contoh aksesoris tersebut antara lain kalung, cincin, dan gelang. Kami memperoleh produk tersebut dari toko-toko grosir di wilayah Jakarta, jawa barat dan jawa tengah. Contoh di wilayah Jakarta kami mengambil di Pasar Asemka, di wilayah jawa barat tepatnya di kota Bandung kami mengambil di Pasar Ciwalk, dan di wilayah jawa tengah tepatnya di kota Yogyakarta kami mengambil di Pasar Malioboro. Aksesoris yang akan kami pasarkan sangat berkualitas tinggi.
Untuk melaksanakan produk tersebut kami selaku pemasar akan bekerja sama dalam melaksanakan pemasarannya. Karena dalam usaha bisnis ini kami semua yang akan menjalankannya bersama. Pemasaran akan kami pasarkan di dalam komunitas-komunitas remaja, onlineshop, bazar, pameran, grosiran dan lain-lain.
Produk kami berguna untuk para kaum hawa. Biasanya kebanyakan yang memakai produk kami adalah mahasiswi, pelajar, wanita karir dan golongan kaum muda yang trendy. Rata-rata yang memakai produk kami dimulai dari umur 15 tahun dan sampai 15tahun ke atas.
          Dalam menjalankan bisnis online ini, kami selaku para pemasar serta penjual ingin menerapkan beberapa konsep yang kami gunakan/jalani untuk melancarkan dan menyempurnakan kegiatan bisnis kami. Konsep tersebut antara lain, yaitu:

Konsep Produksi
Dalam menjalankan bisnis penjualan accessorise online ini, kami yang bertindak sebagai distributor juga mencakup pemasar, kegiatan kami meliputi; mengambil atau membeli barang dagangan tersebut yang berupa berbagai accessorise seperti cincin, kalung dan gelang dari beberapa pusat accessorise yang terdapat di Jakarta dan Bandung. Jadi kegiatan kami dalam bisnis ini adalah membeli barang dagangan dan menjualnya kembali ke konsumen tanpa merubah bentuk barang tersebut. Pastinya kami akan membeli accessorise yang memiliki kualitas terbaik, guna mendapatkan kepuasan para konsumen kami.


Konsep Produk
Seperti yang sudah dijelaskan pada latar belakang usaha kami, produk atau jenis barang dagang yang kami jual ialah berbagai macam accessorise untuk wanita, seperti kalung, cincin, dan gelang. Produk yang kami jual juga ada yang bersifat handmade atau buatan kami sendiri. Kami berharap konsumen akan menyukai semua produk-produk yang kami jual maupun produk yang kami buat sendiri.

Konsep Penjualan
Pada konsep penjualan, kami memilih untuk menjual dengan cara online karena lebih efektif dan efisien dalam berbagai segi kegiatan. Alur penjualan yang kami terapkan yaitu, kami memasarkan produk-produk kami kepada konsumen melalui sistem online, serta menyertakan berbagai tulisan guna meyakinkan konsumen tentang kualitas produk yang terkait. Selanjutnya jika konsumen tertarik untuk membeli produk kami, secara otomatis konsumen akan memesan dengan cara mengirimkan message via sms maupun blackberry ke alamat yang telah kami cantumkan sebelumnya, setelah order tersebut kami terima, maka kami akan meminta konsumen untuk mentransfer uang sesuai harga barang yang bersangkutan berikut ongkos kirimnya (ditetapkan menurut posisi alamatnya), kemudian barang tersebut akan langsung kami kirim ke alamat yang diminta oleh konsumen. 

Konsep Pemasaran
Dalam memasarkan produk ini, kami akan melakukannya secara online. Dengan cara kami akan mempromosikannya lewat jejaring sosial seperti membuat group accessorise online shop, membuat akun twitter, membuat e-mail, serta membuat group pada blackberry messeger. Produk-produk kami akan kami pasarkan ke konsumen melalui media tersebut lewat berbagai foto-foto terkait tentang produk kami.

Konsep Pemasaran Sosial
Dalam bisnis ini kami berharap bahwasannya konsumen dapat mempercayai produk kami, sehingga kedepannya kosumen dapat menjadi langganan bisnis kami. Lewat harapan kami tersebut kami percaya bahwa kami akan dengan mudah mencapai tujuan bisnis kami.
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar