BISNIS PLAN (part
1)
LATAR BELAKANG
Melihat kemajuan trend fashion di dunia, membuat
kami tertarik untuk membantu memajukan trend fashion dengan mendirikan usaha
pejualan pernak-pernik wanita atau yang sering disebut aksesoris wanita, kami
tertarik dengan usaha ini karena hampir semua wanita memerlukannya untuk
menyempurnakan penampilannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan trend
fashion di dunia membuat perkembangan gaya semakin melekat di hati para wanita.
Dengan mengikuti trend yang ter-update, membuat wanita ingin memadukannya untuk
tampil menarik dan cantik
Bagi wanita karier atau yang sedang bekerja, maupun yang masih
bersekolah atau kuliah kadang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berbelanja
aksesoris. Untuk itulah kami mecoba membuka
usaha dalam
bidang penjualan aksesoris. Di sini kami akan memasarkan serta melakukan penjualan berbagai macam
aksesoris seperti gelang, cincin dan kalung dengan cara online. Media komunikasi yang kami gunakan untuk memasarkan
serta menjual produk kami yaitu melalui jejaring sosial facebook,
twitter dan kami pun membuat
group pada blackberry messeger.
VISI
:
- Membantu menyempurnakan trend
fashion dunia.
- Menyempurnakan gaya dan
penampilan para wanita.
MISI :
-
Menjual berbagai macam aksesoris yang berkualitas
dengan harga terjangkau.
-
Mengikuti trend fashion dunia yang ter-update.
- Menyediakan beragam aksesoris
yang elegant dan sempurna.
TUJUAN
USAHA
Meningkatkan kemajuan trend fashion di Indonesia,
dengan mengikuti trend fashion yang berkembang di dunia internasional. Serta
membantu para wanita dalam menyempurnakan penampilannya untuk tetap cantik dan
menawan dengan menambahkan sentuhan dari aksesoris guna melengkapi performanya.
PEMBAHASAN
Produk yang
akan kami pasarkan berupa aksesoris. Contoh aksesoris tersebut antara lain kalung, cincin, dan gelang. Kami memperoleh produk tersebut dari toko-toko grosir di wilayah Jakarta, jawa barat dan jawa tengah. Contoh di wilayah
Jakarta kami mengambil di Pasar Asemka, di wilayah jawa barat tepatnya di kota
Bandung kami mengambil di Pasar Ciwalk, dan di wilayah jawa tengah tepatnya di kota
Yogyakarta kami mengambil di Pasar Malioboro. Aksesoris yang akan kami
pasarkan sangat berkualitas tinggi.
Untuk melaksanakan produk tersebut kami selaku pemasar akan bekerja sama dalam melaksanakan pemasarannya. Karena dalam usaha bisnis ini kami semua yang
akan menjalankannya bersama. Pemasaran akan kami pasarkan di
dalam komunitas-komunitas remaja, onlineshop, bazar, pameran, grosiran dan lain-lain.
Produk kami
berguna untuk para kaum hawa. Biasanya kebanyakan yang memakai produk kami adalah mahasiswi, pelajar, wanita karir dan golongan kaum muda yang trendy.
Rata-rata yang memakai produk
kami dimulai dari umur 15 tahun dan sampai 15tahun ke atas.
Dalam menjalankan bisnis online ini, kami selaku para
pemasar serta penjual ingin menerapkan beberapa konsep yang kami gunakan/jalani
untuk melancarkan dan menyempurnakan kegiatan bisnis kami. Konsep tersebut
antara lain, yaitu:
Konsep
Produksi
Dalam
menjalankan bisnis penjualan accessorise online ini, kami yang bertindak sebagai
distributor juga mencakup pemasar,
kegiatan kami meliputi;
mengambil atau membeli barang dagangan
tersebut yang berupa berbagai accessorise seperti cincin, kalung
dan gelang dari beberapa pusat accessorise yang
terdapat di Jakarta dan Bandung.
Jadi kegiatan kami dalam bisnis ini adalah membeli barang dagangan dan
menjualnya kembali ke konsumen tanpa merubah bentuk barang tersebut. Pastinya
kami akan membeli accessorise yang memiliki kualitas terbaik, guna mendapatkan
kepuasan para konsumen kami.
Konsep
Produk
Seperti yang
sudah dijelaskan pada latar belakang usaha kami, produk atau jenis barang
dagang yang kami jual ialah berbagai macam accessorise untuk wanita, seperti
kalung, cincin, dan gelang. Produk yang kami jual juga ada yang bersifat
handmade atau buatan kami sendiri.
Kami berharap konsumen akan menyukai semua produk-produk yang kami jual maupun
produk yang kami buat sendiri.
Konsep
Penjualan
Pada konsep
penjualan, kami memilih untuk
menjual dengan cara online karena lebih
efektif dan efisien dalam berbagai segi kegiatan. Alur penjualan yang kami terapkan yaitu, kami memasarkan
produk-produk kami kepada konsumen melalui sistem online, serta menyertakan
berbagai tulisan guna meyakinkan konsumen tentang kualitas produk yang terkait.
Selanjutnya jika konsumen tertarik untuk membeli produk kami, secara otomatis
konsumen akan memesan dengan cara mengirimkan message via sms maupun blackberry
ke alamat yang telah kami cantumkan sebelumnya, setelah order tersebut kami
terima, maka kami akan meminta konsumen untuk mentransfer uang sesuai harga
barang yang bersangkutan berikut ongkos kirimnya (ditetapkan menurut posisi
alamatnya), kemudian barang tersebut akan langsung kami kirim ke alamat yang
diminta oleh konsumen.
Konsep
Pemasaran
Dalam memasarkan
produk ini, kami akan melakukannya secara online. Dengan cara kami akan
mempromosikannya
lewat jejaring sosial seperti membuat group accessorise
online shop, membuat akun twitter, membuat e-mail, serta membuat group pada blackberry messeger.
Produk-produk kami akan kami pasarkan ke konsumen melalui media tersebut lewat
berbagai foto-foto terkait tentang produk kami.
Konsep Pemasaran Sosial
Dalam bisnis ini kami berharap bahwasannya konsumen dapat
mempercayai produk kami, sehingga kedepannya kosumen dapat menjadi langganan
bisnis kami. Lewat harapan kami tersebut kami percaya bahwa kami akan dengan
mudah mencapai tujuan bisnis kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar