Jumat, 28 Juni 2013

Makanan Berenergi Untuk Kebugaran

Makanan Berenergi Untuk Kebugaran

            Untuk merawat kebugaran serta kesehatan dalam tubuh kita, hal yang perlu kita lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, bergizi serta berenergi. Makanan yang berenergi merupakan makanan yang di dalamnya mengandung properti dasar energi yaitu Yin dan Yang.
Berikut ini tabel properti dasar energi Yin dan Yang :
YIN                                         YANG           
Menyejukkan                          Menghangatkan
Menenangkan                          Menstimulasi
Defisiensi                                Berlebihan

            Misalnya, memakan makanan berenergi dingin bisa membantu mengurangi kelebihan energi panas di dalam tubuh, ini bisa membantu orang-orang yag sering menerita tenggorokan parau, jerawat, dan bahkan sembelit (yang biasanya disebabkan karena kelebihan energi panas).

Makanan berenergi sejuk atau dingin antara lain :
ü  Seledri, meminum jus seledri atau memakan langsung sayur seledri sangat membantu untuk menetralkan kelebihan energi panas di dalam tubuh. Menurut buku kuno pengobatan Cina, seledri bagus untuk mengurangi kelebihan panas di liver dan kandungan empedu serta gejala-gejala seperti; kemerahan dan mata kering.
ü     Kelapa, kelapa dapat dibuat seperti jus kelapa terutama kelapa hijau yang dipetik sebelum fajar, kelapa yang telah diolah ini dapat membantu menyembuhkan jerawat dan gangguan kulit lainnya akibat kelebihan energi panas di paru. Ini juga bisa meringankan batuk kering.
ü    Mentimun, mengkonsumsi mentimun segar dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung tanpa diolah,dapat membantu untuk mengurangi kelebihan panas di paru, lambung, limpha, dan usus besar. Selain itu mentimun juga bisa membuat kulit yang kasar dan berjerawat bisa membaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar