Minggu, 16 Juni 2013

Lokasi Penghijauan Kota Jakarta

Lokasi Penghijauan Kota Jakarta
            Wilayah kota Jakarta sangatlah luas. Akan tetapi, tidak semua daerah yang berada di atas kota Jakarta dapat dilakukan penghijauan. Kita harus memilih lokasi penghijauan yang tepat agar manfaatnya benar-benar terasa. Adapun daerah-daerah yang baik untuk membuat penghijauan di kota Jakarta, yaitu;
1. Daerah yang Baru Dibuka
            Tentu saja hal yang dilakukan dengan daerah yang baru dibuka ini adalah membabat daerah tersebut agar penerapan rancangan pembangunannya berada dalam kondisi yang datar dan lapang. Artinya, ada ruang hijau yang hilang akibat didirikannya bangunan tersebut.
            Pendirian bangunan baru sebaiknya disertai pula dengan penghijauan di daerah tersebut. Hal ini untuk menyeimbangkan lingkungan yang rusak akibat pembabatan daerah tersebut. Oleh sebab itu, di setiap gedung-gedung, para pengembang bangunan sebaiknya memasukkan ruang hijau dalam rencana pembangunannya. Demikian, pembangunan yang dilaksanakan tidak sampai merusak lingkungan.
2. Jalan-Jalan Umum
            Hampir di setiap sudut kota Jakarta terdapat jalan-jalan besar maupun kecil. Hal ini wajar, mengingat Jakarta merupakan pusat pemerintahan, jalan sudah merupakan sarana transportasi yang sangat peting bagi masyarakat kota Jakarta.
            Dibangunnya jalan-jalan di kota Jakarta diikuti pula dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor menjadi polusi yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Apa lagi jika jalan tersebut rusak sehingga mengakibatkan debu dan kerikil yang juga membahayakan. Hal inilah yang perlu kita cegah dengan mengadakan penghijauan.
            Penghijauan di sepanjang kota Jakarta bukan hanya membantu mengurangi polusi udara dan debu, tetapi juga menambah keindahan pemandangan di sepanjang jalan tersebut. Dengan demikian kami pun merasa nyaman menggunakkan jalan tersebut.         
3. Daerah Aliran Sungai dan Daerah Kumuh
            Sungai mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Di kota Jakarta terdapat beberapa sungai yang melintas. Selain merusak pemandangan pemukiman kumuh juga dapat merusak lingkungan. Mereka membuang sampah sembarangan disekitar sungai. Akibatnya, sampah menumpuk dan aliran sungai tidak lancar. Ketika musim hujan tiba, air sungai pun meluap dan mengakibatkan banjir.
            Nah, berikut ini adalah upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian daerah aliran sungai :
a.  Menanam pohon di lahan kritis sekitar daerah aliran sungai.
b.  Tidak menghuni daerah bantaran sungai.
c.  Menjaga daerah bantaran sugai dari tumpukan sampah.
d.  Memilah sampah dan tidak membuangnya ke sungai.
e.  Mengajak masyarakat setempat untuk membersihkan lingkugan daerah sungai
f.  Melaporkan kepada Pemerintah Daerah apabila ada kegiatan yang merusak daerah sungai.
4. Halaman Perkantoran,Pertokoan, dan Perumahan
            Kota Jakarta dipadati oleh berbagai bangunan, mulai dari perkantoran, pertokoan, hingga perumahan. Pembangunan berbagai bangunan tersebut memerlukan ruang yang cukup besar. Penghijauan yang dilakukan di daerah perkantoran, pertokoan, perumahan akan memperindah pemandangan dan menyediakan daerah resapan yang baik bagi lingkungannya.
            Setelah semua program dijalankan untuk mewujudkan penghijauan di kota Jakarta, selain itu yang perlu dilakukan adalah menjaga semuanya mulai dari hal terkecil hingga hal terbesar seperti membuang sampah pada tempatnya. Kemudian Perlu diadakannya sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar mereka semua dapat mengerti tetangmanfaat penghijauan, dengan sosialisasi tersebut diharapkan seluruh masyarakat kota Jakarta dapat menjaganya dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar